Mengenali jenis kulit wajah sendiri dapat menentukan cara merawat dan produk perawatan yang tepatApa pun jenis kulit wajah yang dimiliki, tahapan mencuci muka merupakan rutinitas yang penting

Kenali jenis kulit wajah manusia
Cara mengetahui jenis kulit wajah
Pentingnya merawat kulit wajah bagi setiap orang
Cara merawat kulit wajah sesuai jenisnya dengan tepat
Catatan dari SehatQ
Siapa yang tak ingin memiliki kulit sehat dan bersih? Untuk mendapatkannya, penting untuk mengetahui jenis kulit wajah Anda terlebih dahulu. Cara mengetahui jenis kulit wajah dapat membantu Anda dalam memilih metode perawatan kulit sehari-hari yang tepat. 

Namun, beberapa dari Anda mungkin sulit dalam mengetahui dengan pasti apa jenis kulit Anda.Maka dari itu, simak informasi mengenai cara menentukan jenis kulit wajah dan cara merawat kulit sehari-hari sesuai tipenya dalam artikel berikut ini.

Kenali jenis kulit wajah manusia

Pada dasarnya, kesehatan kulit wajah bergantung pada beberapa faktor. Di antaranya, kandungan air pada kulit yang akan memengaruhi elastisitas kulit, kandungan minyak yang memengaruhi kelembutan dan nutrisi kulit, serta tingkat sensitivitas kulit terhadap zat tertentu.Nah, berdasarkan ketiga faktor di atas, umumnya jenis kulit wajah manusia terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu:

1. Kulit normal

Jenis kulit wajah normal tidak membutuhkan banyak perawatan kulit

Kulit wajah normal cenderung tidak memiliki masalah kulit

Salah satu jenis kulit wajah manusia adalah normal. Beruntung bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah normal. Pasalnya, tipe kulit wajah ini cenderung memiliki jumlah kandungan air dan minyak yang seimbang.Akibatnya, kulit Anda menjadi tidak terlalu kering, tetapi juga tidak terlalu berminyak.Kulit normal biasanya jarang memiliki masalah kulit wajah atau bisa dibilang mempunyai kulit yang sehat, tidak terlalu sensitif, pori-pori wajah hampir tidak terlihat, dan kulit tampak cerah.

2. Kulit berminyak

Jenis kulit wajah berminyak membutuhkan perawatan yang tepat

Pemilik kulit berminyak perlu menggunakan produk perawatan tepat

Jenis kulit berminyak umumnya disebabkan oleh produksi sebum dari kelenjar minyak yang berlebih. Anda mungkin akan mengenali jenis kulit berminyak melalui produksi kelenjar minyak berlebih pada area T-zone (dahi, hidung, dan dahi).Beberapa faktor yang dapat memengaruhi tingginya produksi sebum pada kulit wajah seseorang adalah stres, faktor kelembapan, dan perubahan hormon.Jenis kulit wajah berminyak juga cenderung memiliki sejumlah masalah kulit wajah. Misalnya, pori-pori besar, kulit terlihat berkilau tetapi tampak kusam, dan memiliki komedo, noda hitam, hingga jerawat.

3. Kulit kering

Jenis kulit kering cenderung kasar dan bersisik

Ciri-ciri kulit wajah kering adalah pori-pori dan garis kulit wajah akan terlihat

Tipe kulit wajah kering hanya memiliki sedikit kelembapan di lapisan kulit terluar. Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit semakin kering. Mulai dari faktor genetik, penuaan, perubahan hormon, cuaca (terlalu dingin atau terlalu panas), aktivitas di luar ruangan, mandi dengan air hangat, penggunaan sabun dengan kandungan keras, hingga obat-obatan.Masalah kulit wajah kering yang mungkin dialami, antara lain pori-pori dan garis-garis kulit wajah akan terlihat dengan jelas. Selain itu, ciri-ciri kulit kering biasanya cenderung kasar, bersisik, kemerahan, dan terasa gatal.

4. Kulit kombinasi

Jenis kulit wajah kombinasi adalah perpaduan kulit berminyak dan kering

Gunakan pelembap pada area kulit yang kering

Selain 3 kulit wajah di atas, ada pula kulit wajah kombinasi. Sesuai namanya, tipe kulit wajah ini merupakan kombinasi antara tipe kulit wajah kering atau normal di beberapa daerah, termasuk pipi. Sementara, area wajah lainnya akan berminyak, terutama di T-zone.Jenis kulit wajah ini dapat dihasilkan dari faktor genetik, pubertas, atau saat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum.Ciri-ciri kulit wajah kombinasi adalah pori-pori yang besar, komedo, serta tampak berkilau di bagian wajah yang berminyak. 

5. Kulit sensitif

Jenis kulit wajah sensitif biasanya kerap berjerawat

Kulit wajah sensitif ditandai dengan kering dan kemerahan

Ciri-ciri kulit wajah sensitif adalah kemerahan, gatal, kering, dan sensasi seperti terbakar.Jika Anda memiliki tipe kulit wajah ini, cari tahu apa yang menyebabkan kulit menjadi sensitif.Ada beberapa penyebab kulit wajah menjadi sensitif, termasuk kesalahan dalam menggunakan produk perawatan kulit tertentu.Beberapa masalah kulit sensitif bisa berupa jerawat, dermatitis kontak, atau rosacea

Cara mengetahui jenis kulit wajah

Cara mengetahui jenis kulit wajah adalah hal yang penting

Cara mengetahui jenis kulit wajah bisa dilakukan setelah cuci muka

Setelah mengetahui tipe kulit wajah di atas, mungkin beberapa dari Anda ada yang masih bingung menentukan apa jenis kulit wajah yang dimilikinya. Meski tampak sepele, cara mengetahui jenis kulit wajah sendiri sangat penting. Dengan demikian, Anda dapat menentukan produk perawatan kulit yang tepat untuk digunakan. Cara mengetahui jenis kulit wajah bisa dilakukan dengan berkonsultasi ke dokter spesialis kulit. Namun, Anda juga dapat menerapkan cara mengetahui jenis kulit wajah sendiri di rumah dengan mudah berikut ini.

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Sebelum mengetahui tipe kulit wajah sendiri, Anda disarankan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Jika Anda sedang menggunakan make up sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu dengan make up removerKemudian, bilas wajah dengan air suhu normal dan gunakan sabun pembersih wajah dengan kandungan yang lembut di kulit. Selanjutnya, biarkan wajah mengering dengan sendirinya atau keringkan wajah Anda dengan cara menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk lembut. 

2. Tunggu 30-60 menit

Setelah membersihkan dan mengeringkan wajah, tunggu selama 30-60 menit. Selama waktu tersebut, Anda jangan menggunakan produk perawatan kulit apa pun, termasuk toner, serum wajah, atau pelembap. Pasalnya, pada waktu tersebut kulit wajah akan kembali ke kondisi aslinya yang menentukan tipe kulit wajah Anda sesungguhnya. 

3. Gunakan tisu atau blotting paper pada wajah

Inti dari cara mengetahui jenis kulit wajah ada pada tahap ini. Anda bisa menggunakan tisu atau blotting paper (kertas minyak), dan menekannya pada permukaan wajah. 

4. Ketahui tipe kulit wajah Anda

Setelah menggunakan tisu atau blotting paper pada wajah, Anda bisa melihat seberapa banyak minyak yang menempel. Jika pada permukaan tisu atau blotting paper terlihat minyak yang menempel, maka dipastikan kalau Anda memiliki jenis kulit berminyak.Sedangkan, bila minyak hanya muncul saat Anda menekan area T-zone, tandanya tipe kulit wajah Anda adalah kombinasi. Namun, apabila tidak ada minyak yang menempel pada permukaan tisu atau blotting paper, artinya Anda punya kulit kering. Anda memiliki kulit wajah normal apabila kulit terasa lembap dan sedikit sekali minyak yang terserap pada tisu atau blotting paperSetelah menerapkan cara mengetahui jenis kulit wajah di atas, apa tipe kulit wajah Anda?

Pentingnya merawat kulit wajah bagi setiap orang

Setiap orang memiliki tipe kulit wajah yang berbeda-beda. Akan tetapi, seiring pertambahan usia, kulit wajah seseorang mungkin dapat berubah. Kondisi tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor genetik, kondisi penyakit tertentu, hingga faktor lingkungan (akibat paparan sinar matahari, debu, dan polusi udara dalam jangka waktu yang lama). Oleh sebab itu, penting untuk merawat wajah agar kulit sehat dan cantik walaupun tanpa make up

Jenis kulit wajah membutuhkan cara perawatan yang berbeda-beda

Menjaga kulit tetap sehat merupakan hal yang penting

Selain dapat menarik perhatian, wajah yang sehat dan cantik juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seorang perempuan.Nah, jika cara menjaga kesehatan kulit wajah tidak dilakukan secara rutin, bukan tidak mungkin akan muncul berbagai masalah kulit.Misalnya, flek hitam, warna kulit tidak merata, kulit kusam, hingga timbul jerawat. 

Cara merawat kulit wajah sesuai jenisnya dengan tepat

Mengetahui jenis kulit wajah merupakan hal yang penting

Ada lima jenis kulit wajah dengan perawatan yang berbeda-beda

Beda jenis kulit wajah maka berbeda pula metode perawatan kulit yang dilakukan. Berikut adalah cara merawat wajah sesuai lima tipe kulit wajah yang dianjurkan.

1. Kulit wajah normal

Kulit wajah normal sebenarnya tidak terlalu banyak membutuhkan perawatan kulit. Akan tetapi, penting bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan kulitnya. Selain menggunakan sabun pembersih wajah dan pelembap, pemilik kulit normal perlu menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30 guna mencegah keriput dan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

2. Kulit wajah berminyak

Cara merawat kulit wajah berminyak sehari-hari, meliputi:

  • Rutin membersihkan wajah dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari. Jangan menggosok wajah selama membersihkannya.
  • Membersihkan kulit wajah menggunakan sabun pembersih dengan kandungan yang ringan. Jika produk pembersih umum tidak dapat mengurangi minyak di wajah, Anda bisa memilih produk pembersih dengan kandungan benzoil peroksidaasam salisilatasam glikolat, atau asam hidroksi beta/BHA.
  • Gunakan pelembap dengan kandungan bebas minyak.
  • Gunakan sunscreen atau tabir surya dengan kandungan bebas minyak. Mengoleskan sunscreen dengan tekstur gel atau berbahan dasar air dapat mengurangi kadar minyak di wajah Anda.
  • Pilih produk perawatan wajah dan kosmetik yang berlabel noncomedogenic. Ini berarti produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori wajah yang menyebabkan jerawat.
  • Jika Anda memiliki jerawat, hindari menyentuh dan memencetnya.

Pentingnya merawat kulit wajah berminyak dengan langkah-langkah di atas dapat mencegah Anda dari masalah kulit wajah kusam, komedo, noda hitam, hingga berjerawat. Selain melakukan berbagai langkah di atas, perawatan kulit berminyak lainnya adalah dengan membatasi konsumsi olahan produk susu, makanan atau minuman berkafein, makanan mengandung lemak jenuh, makanan asin, makanan mengandung gula, hingga konsumsi alkohol. 

3. Kulit wajah kering

Cara merawat kulit wajah kering adalah sebagai berikut:

  • Membersihkan kulit wajah menggunakan sabun pembersih wajah dengan kandungan yang lembut.
  • Hindari mencuci muka dengan air hangat terlalu lama.
  • Oleskan pelembap secara rutin untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Ulang langkah ini beberapa kali dalam sehari.

4. Kulit wajah kombinasi

Salah satu cara merawat kulit wajah kombinasi adalah menggunakan sabun pembersih dan pelembap dengan kandungan ringan untuk area wajah yang kering.Kemudian, gunakan produk perawatan antijerawat dengan kandungan benzoil peroksida, bila dibutuhkan, untuk area T wajah.

5. Kulit wajah sensitif

Cara merawat wajah yang tepat untuk kulit sensitif memang tidak mudah. Salah-salah, kulit wajah Anda akan semakin sensitif sehingga memperburuk masalah kulit yang tengah dialami, yaitu:

  • Hindari menggunakan sabun pembersih yang mengandung wewangian dan alkohol.
  • Gunakan pelembap secara rutin untuk menjaga kelembapan kulit agar tidak kering.
  • Pastikan menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30.

Pentingnya merawat kulit wajah sensitif dapat mencegah Anda dari masalah kulit wajah, seperti kulit memerah, gatal, dan kering. 

Catatan dari SehatQ

Tidak semua orang memiliki jenis kulit wajah yang sama. Namun, yang paling penting adalah bagaimana merawat kulit wajah Anda sehingga penggunaan produk perawatan kulit yang digunakan akan tepat. Selain itu, pentingnya merawat kulit wajah juga perlu didukung dengan minum air putih yang cukup agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Jika Anda masih merasa tidak yakin dengan jenis kulit wajah sendiri dan cenderung punya masalah kulit, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Dengan demikian, dokter akan merekomendasikan  produk perawatan yang tepat sesuai tipe kulit wajah Anda.