Cara menghilangkan kerutan di wajah bisa dilakukan dengan cara-cara berikut iniCara menghilangkan keriput di wajah dengan bahan alami bisa melalui penggunaan masker

Apa penyebab kerutan di wajah?
Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami
Cara menghilangkan keriput di wajah melalui tindakan medis
Kerutan atau keriput di wajah biasanya muncul seiring bertambahnya usia. Selain usia, ada berbagai penyebab kerutan di wajah bisa timbul dan mengganggu penampilan. Maka dari itu, banyak orang yang berlomba-lomba mencari cara menghilangkan kerutan di wajah dengan tepat. 

Simak penyebab dan cara menghilangkan keriput di wajah selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa penyebab kerutan di wajah?

Penyebab kerutan di wajah yang utama adalah pertambahan usia sehingga membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Produksi minyak alami seiring bertambahnya usia juga mengalami penurunan sehingga kulit rentan kering dan tampak mengerut. Belum lagi, lemak yang terdapat pada lapisan kulit bagian dalam ikut berkurang sehingga kulit tampak kendur dan memunculkan garis-garis halus di area wajah. Selain pertambahan usia, beberapa penyebab kerutan di wajah lainnya, meliputi:

1. Paparan sinar matahari berlebih

Penyebab kerutan di wajah bisa karena paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari secara berlebih. Sinar UV inilah yang dapat merusak jaringan kulit yang bernama elastin dan kolagen pada lapisan kulit dermis sehingga membuat tanda-tanda penuaan dini muncul.Saat jaringan elastin dan kolagen rusak, kulit akan lebih mudah untuk mengendur dan meregang. Akibatnya, kulit menjadi lebih mudah keriput.

2. Kebiasaan merokok

Merokok ternyata menjadi penyebab kerutan di wajah muncul dan tidak dapat terhindarkan. Asap dan panas dari rokok, serta kebiasaan mengerutkan area bibir saat merokok sangat berkontribusi terhadap pembentukan keriput.Selain itu, bahaya asap rokok juga dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit. 

3. Kontraksi otot wajah secara berulang

Kontraksi otot dari ekspresi wajah yang dilakukan secara berulang, seperti tersenyum, menyipitkan mata, mengerutkan kening atau bibir, atau menggosok mata bisa meningkatkan faktor risiko penyebab keriput di wajah muncul.

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami

Memang, tidak ada yang senang dengan kemunculan kerutan di wajah. Sebab, munculnya keriput dapat membuat tampilan wajah tampak lebih tua dari usia seharusnya. Nah, Anda dapat menerapkan berbagai cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang bisa dilakukan di rumah. Walaupun cara menghilangkan keriput di wajah ini tidak langsung memberikan hasil yang instan, tetapi kemunculan keriput atau kerutan dapat diminimalisir atau dikurangi. Berikut adalah cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang bisa dilakukan.

1. Mencuci muka secara rutin

Cuci muka secara rutin jadi ara menghilangkan kerutan di wajah

Cuci muka dengan sabun pembersih wajah yang kandungannya lembut

Mencuci muka secara rutin bisa jadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami. Jika menggunakan make up, sebaiknya bersihkan dulu sisa-sisa make up di wajah Anda menggunakan make up remover.Lalu, lanjutkan dengan mencuci muka untuk mengangkat sisa make up, kotoran, dan minyak menggunakan sabun pembersih wajah yang kandungannya lembut.Pastikan wajah Anda sudah benar-benar bersih, ya. Kemudian, keringkan wajah Anda menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.Anda bisa mencuci muka dua kali sehari dan setelah berolahraga. Jangan terlalu sering mencuci muka karena dapat menghilangkan lapisan alami kulit yang berfungsi melindungi kulit dari kemunculan keriput. 

2. Oleskan pelembap

Setelah mencuci muka dan melanjutkan rutinitas perawatan kulit lainnya, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap wajah. Meski bukan cara menghilangkan kerutan di wajah secara permanen, penggunaan pelembap dapat berfungsi untuk menyamarkan kemunculan keriput dan garis-garis halus di wajah dengan mengunci kelembapan kulit. Anda perlu menggunakan pelembap secara rutin untuk mendapatkan hasil yang signifikan pada kulit.

3. Gunakan sunscreen

Cara menghilangkan kerutan di wajah bisa dengan mengoleskan tabir surya

Gunakan sunscreen dengan kadar SPF 30

Cara mengurangi kerutan di wajah berikutnya adalah dengan rutin menggunakan sunscreen atau tabir surya, terutama saat Anda melakukan aktivitas di luar rumah. Anda perlu menggunakan sunscreen dengan label broad spectrum dan SPF 30 pada area kulit wajah.Sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Annals of Internal Medicine menemukan bahwa cara menggunakan sunscreen secara rutin dapat membantu memperlambat kemunculan tanda penuaan.Tak hanya itu, penggunaan tabir surya juga dapat menurunkan risiko kanker kulit 

4. Pakai produk perawatan kulit yang tepat

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang ampuh perlu didukung dengan penggunaan produk perawatan kulit yang tepat. Adapun beberapa kandungan produk skincare yang dapat diandalkan sebagai cara menghilangkan keriput di wajah, yakni:

  • Retinoid, dapat membantu memperbaiki masalah kulit, seperti kerutan hingga kulit pigmentasi yang tidak merata. Penggunaan retinoid pertama kali dapat menimbulkan efek samping, seperti kulit kemerahan dan mengelupas. Namun, hasil yang didapat bisa terlihat signifikan setelah proses pengelupasan selesai.
  • Alpha hydroxy acid/AHA, seperti lactic acid dan glycolic acid, dapat membantu mengurangi kerutan serta tidak rentan menimbulkan iritasi.
  • Antioksidan. Produk skincare mengandung antioksidan dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan memperbaiki kerutan. Kandungan antioksidan, termasuk vitamin A, C, dan E.
  • Vitamin C. Sejumlah hasil studi membuktikan bahwa vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen dalam melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar UVA dan UV, memperbaiki pigmentasi, dan menyembuhkan peradangan kulit. Namun, untuk mengurangi kerutan, gunakan vitamin C dalam bentuk L-ascorbic acid.

5. Pijat wajah dengan minyak

Cara menghilangkan keriput di wajah bisa dengan pijat minyak

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang baik untuk cegah keriput

Memijat wajah dengan minyak bisa jadi cara menghilangkan kerutan di dahi dan area wajah lainnya. Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk melakukan langkah ini. Kedua jenis minyak esensial untuk kulit ini diperkaya dengan antioksidan yang dipercaya dapat mencegah keriput akibat paparan radikal bebas. Selain itu, keduanya mengandung zat pelembap alami kulit.Jika Anda rutin memijat wajah dengan minyak zaitun atau minyak kelapa, tampilan kerutan di wajah dapat tersamarkan. Kulit pun bisa jadi halus serta otot-otot wajah dapat relaksasi dengan baik. Cara menghilangkan keriput di wajah melalui pijatan minyak adalah sebagai berikut.

  • Oleskan minyak zaitun atau minyak kelapa secukupnya pada area permukaan wajah yang sudah dibersihkan.
  • Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat area alis sebanyak 20 putaran.
  • Beri tekanan ringan pada dahi menggunakan ibu jari selama 10 detik.
  • Lakukan langkah yang sama pada area rahang selama 10 detik.

5. Tidur yang cukup

Kurang tidur bisa berdampak secara signifikan pada fungsi kulit sehingga menjadi penyebab kerutan di wajah muncul. Maka dari itu, orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap harinya sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah. Saat tidur, tubuh akan memproduksi HGH (human growth hormone) yang dapat meningkatkan ketebalan kulit dan membuat kulit lebih elastis. Jika Anda kurang tidur, tubuh akan meningkatkan produksi hormon kortisol, yakni jenis hormon yang dapat melepas sel-sel kulit mati. Perhatikan pula posisi tidur Anda. Posisi tidur tengkurap atau membenamkan wajah ke bantal dapat meningkatkan risiko munculnya keriput di wajah akibat gesekan yang ditimbulkan antara kulit dengan sarung bantal.. Sebagai solusinya, cobalah tidur terlentang untuk mengurangi kemunculan kerutan di wajah.

6. Hindari ekspresi wajah berulang

American Academy of Dermatology menyarankan untuk menghindari ekspresi wajah terlalu sering sebagai cara menghilangkan kerutan di dahi, agar terhindar dari kontraksi wajah yang menjadi penyebab kerutan di wajah. Anda juga dapat mengenakan kacamata hitam untuk membantu mengurangi garis-garis halus yang disebabkan oleh kebiasaan menyipitkan mata.

7. Makan makanan yang sehat

Asupan makanan sehat penting sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah

Asupan makanan sehat dapat melawan radikal bebas

Cara menghilangkan kerutan di wajah juga perlu didukung dengan asupan makanan yang sehat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Kedua jenis makanan ini mengandung senyawa antioksidan yang dapat melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan ini, kulit akan tampak lebih awet muda dan bercahaya.Tak hanya itu, mengonsumsi salmon juga dipercaya dapat menutrisi kulit dan membuatnya tampak lebih awet muda dan kenyal berkat kandungan asam lemak esensial di dalamnya. 

8. Batasi makanan mengandung gula dan makanan berminyak

Sebuah studi yang dimuat dalam NCBI memaparkan bahwa gula yang terdapat dalam tubuh dapat mempercepat proses glikasi. Akibatnya, tubuh akan memproduksi protein yang disebut Advanced Glycation End Products (AGE).Protein tersebut dapat berdampak buruk karena mampu memecah kolagen dalam tubuh. Kondisi inilah yang dapat membuat wajah terlihat lebih tua. Protein AGE juga disebut ada keterkaitannya dengan mengonsumsi makanan yang digoreng ataupun dibakar. Oleh karena itu, mulai batasi konsumsi makanan manis maupun berminyak, agar wajah Anda tetap awet muda sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah.

9. Berhenti merokok

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang tak kalah ampuh adalah dengan berhenti merokok. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kebiasaan merokok bisa mempercepat penuaan kulit  denan cara memecah kolagen dan elastin sehingga menimbulkan kerutan dan kusam pada kulit.

10. Masker wajah alami

lidah buaya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami

Lidah buaya dipercaya dapat meredakan peradangan kulit

Anda juga bisa melakukan cara menghilangkan keriput dengan bahan alami melalui penggunaan masker wajah. Cara menghilangkan keriput dengan bahan alami bisa membuat masker wajah dari campuran pisang dengan jus jeruk dan yogurt, masker putih telur dengan air perasan lemon dan madu, serta masker mentimun dan yogurt. Pastikan Anda membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan masker alami untuk menghilangkan kerutan di wajah. Oleskan salah satu dari masker wajah alami tersebut, diamkan selama beberapa saat. Lalu, bilas dengan air sampai bersih.Penggunaan lidah buaya (aloe vera) sebagai masker alami untuk menghilangkan kerutan di wajah dipercaya dapat meredakan peradangan kulit, terutama setelah terpapar sinar matahari. Dengan demikian, kulit terasa lebih sejuk sekaligus mencegah iritasi dan kemunculan keriput. 

Cara menghilangkan keriput di wajah melalui tindakan medis

Walaupun ada berbagai cara menghilangkan keriput di wajah secara alami, nyatanya mungkin tak sedikit orang yang lebih memilih jalur instan sebagai cara mengurangi kerutan.Pasalnya, dalam beberapa kasus, cara menghilangkan keriput di wajah melalui tindakan medis yang disarankan dokter lebih cepat membuahkan hasil sesuai yang diinginkan. Jika Anda ingin mengurangi kerutan di wajah melalui tindakan medis, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu Dengan ini, dokter dapat memberikan rekomendasi yang tepat sesuai masalah penuaan kulit yang Anda alami. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan keriput di wajah melalui tindakan medis yang mungkin direkomendasikan oleh dokter. 

1. Dermabrasi

Dermabrasi adalah teknik pengelupasan atau mengikis lapisan kulit luar menggunakan alat khusus menyerupai vacuum dengan kristal kimiawi. Nantinya, sel-sel kulit baru dapat muncul sehingga membuat tampilan garis halus di wajah dan keriput perlahan menghilang. Cara mengatasi kulit keriput ini tidak lepas dari efek samping. Umumnya, kemunculan bekas luka serta perubahan warna kulit bisa muncul akibat prosedur dermabrasi. 

2. Chemical peeling

Chemical peeling bisa jadi cara menghilangkan kerutan di wajah secara medis

Dokter kulit akan mengoleskan larutan asam pada permukaan kulit

Cara menghilangkan kulit keriput di wajah ini dilakukan dengan mengangkat lapisan kulit paling atas sehingga mempercepat regenerasi sel kulit. Saat prosedur chemical peeling dilakukan, dokter kulit atau terapis kecantikan akan mengoleskan substansi asam tertentu ke permukaan kulit.Nantinya, kulit wajah Anda akan tampak lebih bersih, sehat, halus, kinclong, dan awet muda.

3. Laser resurfacing

Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan laser

Perawatan laser dapat memperbaiki tampilan wajah

Laser resurfacing adalah prosedur peremajaan kulit wajah menggunakan laser dengan tujuan untuk memperbaiki penampilan wajah atau mengatasi gangguan minor pada kulit wajah.Setelah prosedur laser resurfacing dilakukan, kulit akan berubah menjadi merah atau merah muda selama beberapa bulan. Ketika kulit yang mengalami laser resurfacing sudah mulai menyembuh, Anda akan merasakan perubahan dan penampilan kulit. 

4. Filler

Cara menghilangkan keriput di wajah yang ampuh melalui tindakan medis, yakni dengan fillerDokter akan menyuntikkan zat tertentu, seperti kolagen, hyaluronic acid, atau senyawa sintetik lainnya untuk mengisi garis-garis wajah yang kendur akibat penuaan. 

5. Suntik botox

Cara menghilangkan kulit keriput melalui prosedur medis lainnya bisa dengan suntik botox.Suntik botox atau botulinum toxin umum digunakan untuk mengatasi atau mengurangi kerutan yang muncul di wajah. Nantinya, tampilan kulit wajah Anda akan tampak lebih kenyal dan awet muda.